umrohPaket umroh dan haji murah 2019 2020 gohateka

Pengertian Umroh

Umroh adalah haji kecil yang diambil dari kata al-I’timar (ziarah). Dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada hari Arafah yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah. Serta hari-hari tasyrik yaitu pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah. Hukumnya fardhu seperti haji, sebagaimana menurut pendapat Imam Syafi’i. Dan Ijmak Ulama menyatakan pula bahwa umroh wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi orang yang mampu dan orang yang bernazar, maka dia wajib memenuhi nazarnya.

Sebagaimana firman Allah “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu[i] yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada diantara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib ber-fidyah, yaitu berpuasa, bersedekah, atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barang siapa mengerjakan umroh sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah di dapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.” (Al-Baqarah 2:196).

Prosesi Ibadah Umroh

Pada prosesi ibadah umroh terdiri dari empat inti tahapan. Pertama, mengganti pakaian dengan kain Ihram sebelum melaksanakan Miqat. Mendirikan dua rakaat shalat dan melakukan niat saat sudah mendekati Miqat yang diikuti bacaan talbiyah. Kedua, melaksanakan tawaf memutari ka’bah diikuti dua rekaat shalat, dianjurkan shalat di dekat Makam Ibrahim. Ketiga, melakukan Syai diantara Safa dan Marwa. Keempat, melaksanakan halq atau memotong rambut sebagai tahap akhir ihram dan menyelesaikan umroh.

Saat hendak berniat ihram, tawaf, sya’i tidak dilakukan di sembarang tempat namun di tempat yang telah ditentukan. Niat ihram dilakukan di miqat, niat tawaf untuk mengelilingi Ka’bah dilakukan di Masjidil Haram. Kemudian melakukan sya’i tujuh kali yang dimulai dari bukit Safa dan berakhir di bukit Marwa. Tahapan terakhir bertahallul, yakni dengan mencukur atau menggunting rambut setidaknya tiga helai. Maka tahapan ihram telah selesai dan seluruh hal yang dilarang dalam ihram menjadi halal sebagaimana sebelum berihram.

Prosedur Pengajuan Visa Umroh

Sebelum melakukan ibadah umroh perlu diketahui bahwa Arab Saudi menetapkan jamaah umrah untuk mengikuti kebijakan muassasah umrah dan memohon visa umrah melalui agensi umroh. Karena permohonan visa umroh tidak dapat dilakukan di Kedutaan Arab Saudi secara individu namun melewati provider umroh. Berikut skema pengajuan visa umroh:

Prosedur Pengajuan Visa Umroh - GOHATEKA

Pengertian Hadyu

[i] Hadyu adalah hewan yang disembelih sebagai pengganti (dam) pekerjaan wajib haji yang ditinggalkan; atau sebagai ganti denda karena melanggar hal-hal yang terlarang mengerjakannya di dalam ibadah haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment